Loading...
Thursday, 14 Nov 2019

Polibatam Career Center

Pusat Karir Politeknik Negeri Batam

'Selamatkan' Karirmu Sekarang Juga!

Berita Umum | 22 Februari 2018 09:11 wib
Sedia payung sebelum hujan, selamatkan karirmu sekarang juga.
Mungkin kamu akan berpikir dengan keras bagaimana caranya untuk mencapai karir di posisi puncak. Namun demikian, sebagai manusia biasa, kita hanyalah bisa berusaha, tak ada yang bisa meramalkan dan menebak dengan pasti perjalanan karir yang akan kita lalui.
Entah apakah kelak menjadi sukses, naik pangkat ataupun sebaliknya. Daripada menebak-nebak, lakukan beberapa perencanaan untuk menyelamatkan karir, pun termasuk pada saat-saat genting.

Tiara Caesaringga, M.Psi., HR Service Manager ECC UGM berbagi tip bagaimana menyelamatkan karirmu dengan empat langkah mudah. Ini dia yang bisa kalian lakukan!


1. Penuhi tanggung jawab

Pada suatu perusahaan, kamu memiliki jabatan tertentu yang memiliki wewenang dan tanggung jawab. Saat wewenang dan tanggung jawab terpenuhi, posisimu cukup ‘aman’. Namun, tentunya jangan pernah gunakan wewenang tersebut untuk kepentingan pribadi.


2. Ikuti prosedur yang ada

Selain memenuhi tanggung jawab, tiap perusahaan tentu memiliki prosedur atau peraturan. Saat kamu memenuhi peraturan yang ada, rapor pekerjaan pasti jauh dari catatan ‘merah’ yang akan mengusik karirmu.


3. Sesuaikan timing

Saat kamu berbeda pendapat dengan atasan, usahakan tidak mengemukakannya di depan umum. Pilih cara yang lebih privat, kemukakan alasan logis sehingga dapat diterima oleh atasan. PIlih juga waktu yang tepat untuk mengutarakannya.


4. Cari informasi

Selalu perbarui kondisi perusahaan. Tak ada salahnya mencari-cari kerja baru jika perusahaan sudah mulai mengarah pada kebangkrutan.


Kini pilihan ada di tanganmu, apakah kamu ingin bermain aman atau sedikit ‘nakal’ untuk mencari pekerjaan baru yang lebih menantang.


Bagaimana? Kamu siap? Semangat! [CN]


Penulis         : Dewi Ayu N.

Editor          : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Grafis            : Tongki A.W


Sumber : careernews.id

Link
Dilihat 192 kali